Berusaha untuk menjadi yang Lebih baik dari yang Terbaik . ";Muhammad Nur Fauzi;"

Rabu, 22 Maret 2017

VOIP (Voice Over Internet Protocol)

Asslamualaikum Wr,Wb

   Pada kesemapatan kali ini saya akan berbagi tentang VOIP. , saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu VOIP?.
  
Budayakan Membaca !

VOIP (Voice Over Internet Protocol)


Pengertian

 adalah metodologi dan kelompok teknologi untuk pengiriman komunikasi suara dan multimedia sesi selama Internet Protocol (IP) jaringan, seperti Internet . Istilah internet telephony, broadband telephony, dan layanan telepon broadband secara khusus mengacu pada penyediaan layanan komunikasi (suara, fax , SMS ,pesan suara) melalui Internet publik, bukan melalui public switched telephone network (PSTN).
      Langkah-langkah dan prinsip-prinsip yang terlibat dalam berasal panggilan telepon VoIP mirip dengan digital tradisional telepon dan melibatkan sinyal, setup saluran, digitalisasi sinyal suara analog, dan encoding. Bukannya ditransmisikan melalui jaringan circuit-switched ; Namun, informasi digital packetized, dan transmisi terjadi sebagai paket IP melalui jaringan packet-switched . Mereka mengangkut stream audio menggunakan protokol pengiriman media khusus yang mengkodekan audio dan video dengan codec audio , dan video codec . Codec ada yang mengoptimalkan aliran media berdasarkan kebutuhan aplikasi dan bandwidth jaringan; beberapa implementasi mengandalkan narrowband dan pidato dikompresi , sementara yang lain mendukung kesetiaan yang tinggi codec stereo. Beberapa codec populer termasuk μ-hukum dan a-hukum versi G.711 , G.722 , open source codec suara populer dikenal sebagai iLBC , codec yang hanya menggunakan 8 kbit / s masing-masing cara yang disebut G.729 , dan banyak lainnya .
penyedia awal layanan voice-over-IP yang ditawarkan model bisnis dan solusi teknis yang mencerminkan arsitektur jaringan telepon warisan. Penyedia generasi kedua, seperti Skype , telah membangun jaringan tertutup untuk basis pengguna pribadi, menawarkan manfaat dari panggilan gratis dan kenyamanan saat berpotensi pengisian untuk akses ke jaringan komunikasi lainnya, seperti PSTN. Ini membatasi kebebasan pengguna untuk mencampur-dan-sesuai hardware pihak ketiga dan perangkat lunak. Penyedia generasi ketiga, seperti Google Talk , telah mengadopsi konsep federasi VoIP -yang adalah keberangkatan dari arsitektur jaringan warisan. Solusi ini biasanya memungkinkan interkoneksi dinamis antara pengguna pada dua domain di Internet bila pengguna ingin menempatkan panggilan.
Selain telepon VoIP , VoIP tersedia pada banyak smartphone , komputer pribadi, dan perangkat akses internet. Panggilan dan pesan teks SMS dapat dikirim melalui 3G / 4G atau Wi-Fi . 

Protokol VOIP
 
Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai cara menggunakan kedua protokol proprietary dan protokol berdasarkan standar terbuka . protokol VoIP meliputi:
Protokol H.323 adalah salah satu protokol VoIP pertama yang menemukan implementasi luas untuk lalu lintas jarak jauh, serta jaringan area lokal layanan. Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks seperti MGCP dan SIP, penyebaran H.323 semakin terbatas membawa ada lalu lintas jaringan jarak jauh.
Protokol ini dapat digunakan oleh perangkat lunak tujuan khusus, seperti Jitsi , atau terintegrasi ke dalam halaman web atau aplikasi mobile ( VoIP berbasis web ), seperti Google Talk .

 Sumber : Wikipedia
  
Untuk lebih detailnya, anda dapat membukanya pada Situs Wikipedia.

Sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf, ..
Wassalamualaikum Wr,wb
0

0 komentar:

Posting Komentar