Berusaha untuk menjadi yang Lebih baik dari yang Terbaik . ";Muhammad Nur Fauzi;"

Minggu, 19 Maret 2017

Pengertian,dan Sejarah SquirrelMail

Assalamualaikum Wr,Wb


   How are you? .. Sayasekarang  akan sedikit berbagi tentang apa itu SquirrelMail,.
   Mungkin anda masih bertanya-tanya, Apa itu SquirrelMail?

Pengertian


 SquirrelMail jjuga biasa disebut WEBMAIL atau MailServer adalah proyek yang menyediakan kedua klien email berbasis web dan proxy server untuk IMAP protokol.adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail dari pengguna lokal (daridomain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Selain itu MailServer juga mampu mem-forward e-mail tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim.Intinya Mail Server adalah yang melayani kalian para user dalam proses pengiriman dan penerimaan e-mail seperti halnya kantor pos.
Untuk dapat mengirimkan e-mail, sebuah Mail Server harus memiliki sebuah MTA (Mail Transport Agent) didalamnya. Fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan e-mail dari Mail Server lokal ke Mail Server remote. Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis MTA yang Dapat kalian install di Debian. Beberapa
contohnya adalah : Postfix ,Sendmail ,Qmail ,Exim ,Zimbra Selain untuk mengirimkan e-mail, Mail Server juga bertugas untuk menerima e-mail
menggunakan protokol POP atau IMAP. Untuk itu diperlukan juga sebuah POP dan IMAP server agar Mail Server dapat berfungsi dengan sempurna dalam menerima email masuk dari MTA Mail Server lain. Contoh POP dan IMAP server yang cukup terkenal adalah Courier dan Dovecot.





Sejarah

   
Bagian webmail dari proyek ini dimulai oleh Nathan dan Lukas Ehresman pada tahun 1999 dan ditulis dalam PHP . SquirrelMail dapat digunakan dalam hubungannya dengan LAMP "stack" , dan setiap sistem operasi lain yang mendukung PHP juga didukung. Web server membutuhkan akses ke server IMAP email hosting dan ke SMTP server untuk dapat mengirim mail.

SquirrelMail webmail output valid HTML 4.0 untuk presentasi, sehingga kompatibel dengan mayoritas saat ini web browser . SquirrelMail webmail menggunakan arsitektur plugin untuk mengakomodasi fitur tambahan sekitar aplikasi inti, dan lebih dari 200 plugin yang tersedia di situs SquirrelMail.
The SquirrelMail IMAP produk server proxy diciptakan pada tahun 2002 oleh Dave McMurtrie sementara pada University of Pittsburgh (di mana ia bernama "up-imapproxy", meskipun telah menjadi lebih dikenal sebagai "imapproxy") dan diadopsi oleh tim SquirrelMail pada 2010 . Hal ini ditulis dalam C dan terutama dibuat untuk menyediakan stateful koneksi untuk stateless software webmail client ke server IMAP, sehingga menghindari login IMAP baru untuk setiap tindakan klien dan dalam beberapa kasus secara signifikan meningkatkan kinerja webmail.
Kedua produk SquirrelMail adalah gratis dan open source software tunduk pada ketentuan dari GNU General Public License (GPL) versi 2.
SquirrelMail webmail termasuk dalam repositori banyak utama distribusi GNU / Linux dan secara independen didownload oleh puluhan ribu orang setiap bulan.

Referensi : https://en.wikipedia.org

Sekian dari saya, bila ada kurang atau lebihnya, saya mohon maaf ...

Wassalamualaikum Wr,Wb 
1

1 komentar: